Jumat, 02 Desember 2011

Makalah Penelitian WiFi


MAKALAH
JARINGAN NIRKABEL DAN BERGERAK

(Penelitian Jaringan Berbasis Wifi)











Oleh :
1.      Farid Usman         (09562011024)
2.      Nurul Hidayah      (09562011026)






SISTEM KOMPUTER
UNIVERSITAS ISLAM BLITAR
2011






KATA PENGANTAR

Puja dan puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan yang maha esa yang telah melimpahkan taufik dan hidayah-Nya.Sehingga dapat menyelesaikan Makalah ini kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada dosen selaku pembimbing mata kuliah Sensor & Tranduser,yang sabar memberi arahan kepada saya.
Ucapan terima kasih saya sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan proposal ini.Saya menyadari proposal ini jauh dari kata sempurna,Oleh karena itu dengan segala ke rendahan hati dan tangan terbuka bersedia menerima saran dan kritik dari para pembaca yg beersifat membangun.
Akhir kata saya sampaikan semoga Makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan semoga bermanfaat bagi kita semua.Amiiin..




Blitar, 23 November 2011

penyusun





PENDAHULUAN

1.1       LATAR BELAKANG
Dunia Teknologi Informasi (Information and  Communication) atau yang lebih dikenal dengan sebutan dunia IT memang tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan sehari-hari. Dunia IT yang erat hubungannya dengan dunia kehidupan sehari-hari tidak lepas dari elektronik.Namun, seiring dengan kemajuan waktu dan teknologi, juga kebutuhan manusia akan mobilitas dan fleksibilitas yang tinggi menuntut sesuatu yang lebih praktis.Dan maka dari itu dalam dunia internetpun wireless sangatlah dibutuhkan untuk menunjang kebutuhan ataupun layanan untuk pelanggan.
Dengan adanya jaringan internet nirkabel atau bisa disebut juga dengan wireless, sehingga bisa dibangun sebuah system berlangganan internet bagi warga masyarakat yang membutuhkan jaringan untuk mempermudah mengakses informasi dan komunikasi,sebab itulah sistem computer juga sangat berperan penting dalam memajukan masyarakat khususnya dalam dunia informasi.

1.2       PERMASALAHAN
Berdasarkan latar belakang dari uraian diatas, kami sebagai penulis menentukan beberapa perumusan masalah yang akan dibahas dalam pembuatan laporan penelitian Wifi ini. Perumusan tersebut antara lain :
a)    Nama Instansi atau Tempat Penelitian Wifi.
b)   Konfigurasi Jaringan.
c)    Paket yang digunakan.
d)   Modem yang digunakan + instalasi.
e)    Security Server / Router.



1.3    MANFAAT
          Manfaat dari penelitian Wifi ini adalah  untuk  mengetahui  sejauh mana kita dapat menguasai materi pembelajaran yang di lakukan di kampus serta terjun langsung ke tempat-tempat yang terdapat jaringan Wifi. Hal itu bertujuan untuk mengetahui jaringan, instalasi serta mengetahui konfigurasi dan alat yang digunakan di tempat tersebut.

1.3       TUJUAN
Tujuan dari Penelitian yang penulis lakukan adalah :
1.   Untuk mengetahui secara detail informasi mengenai apa yang disebut wifi.
2.   Mempelajari dan menganalisa wifi yang ada di SLTP N 8 Blitar.
3.   Untuk memnuhi tugas mata kuliah “Jaringan Nirkabel dan Bergerak”.














PEMBAHASAN

2.1    NAMA TEMPAT / INSTANSI
          Pada Hari jumat  21 November 2011 kami dari kelompok yang telah ditunjuk oleh Bp. Sunan selaku dosen “Jaringan Nirkabel Dan Bergerak” mengadakan permohonan  ijin untuk melakukan penelitian jaringan WiFi. Kegiatan penelitian tersebut Kami laksanakan di SMP Negeri 8 Blitar yang beralamatkan di Jl. Kenari  Blitar.

2.2       KONFIGURASI JARINGAN
Konfigurasi jaringan di SMPN 8 Blitar adalah  menggunakan topologi Star. Pada topologi Star, masing-masing workstation dihubungkan secara langsung ke sebuah terminal yaitu switch atau hub. Keunggulan dari topologi tipe Star ini adalah bahwa dengan adanya kabel tersendiri untuk setiap workstation ke server, maka bandwidth atau lebar jalur komunikasi dalam kabel akan semakin lebar sehingga akan meningkatkan unjuk kerja jaringan secara keseluruhan. Bila terdapat gangguan di suatu jalur kabel maka gangguan hanya akan terjadi dalam komunikasi antara workstation yang bersangkutan dengan server, jaringan secara keseluruhan tidak mengalami gangguan.
Jaringan yang menggunakan kabel LAN di SMPN 8 Blitar mempunyai kecepatan 100 Mbps jika keadaan biasa atau tanpa kendala cuaca. Sedangkan untuk jaringan WiFi berkapasitas 1MB yang dibagi menjadi 2 tempat atau dua server.
Gambar 1. Kecepatan koneksi LAN di SMPN 8 Blitar

Gambar 2. Koneksi Jaringan dan IP addres di SMPN 8 Blitar
2.3       Paket yang digunakan
Paket yang digunakan di SMPN 8 Blitar ada dua yang pertama menggunakan jaringan LAN bantuan dari pemerintah. Dan yang kedua  menggunakan paket Family  yang berkecepatan 2 MB. Paket tersebut khusus yang di tawarkan dari pihak speedy, dengan tarif ± Rp 1.000.000,- per bulan.

2.4       Modem,Instalasi dan Security Server
Modem yang digunakan di SMPN 8 Blitar adalah menggunakan modem      Pro-Link. Karena WiFi disana dibagi menjadi 3 bagian maka mereka menggunakan security yang berbeda pula. Mengapa demikian karena pemasangan dan penginstalan dilakukan oleh orang yang berbeda. Dan sepertinya beda pula konfigurasi jaringannya.
Untuk Wifi yang berada di tempat pertama menggunakan Id SMPN 8 A dengan security WEP. Security WEP (Wired Equivalent Privacy) adalah sebuah standar keamanan jaringan nirkabel. Standar ini memiliki kelemahan-kelemahan dan kemudian digantikan dengan Wi-Fi Protected Access (WPA). Walau memiliki kelemahan-kelemahan, WEP masih tetap digunakan secara luas.
Untuk Wifi yang berada di tempat pertama (Kelas Exlusive) menggunakan Id AP_SMP8 dengan security WPA2-PSK. Seccurity ini diciptakan untuk melengkapi security sebelumnya yaitu WEP. Pengamanan jaringan nirkabel dengan metoda WPA ini, dapat ditandai dengan minimal ada tiga pilihan yang harus diisi administrator jaringan agar jaringan dapat beroperasi pada mode WPA ini. Ketiga menu yang harus diisi tersebut adalah:
·         Server                   : Kompputer server yang dituju akses point yang akan memberi ototikasi kepada client. Beberapa perangkat lunak yang biasa digunakan adalah freeRADIUS, openRADIUS, dll.

·         Port                       : Nomor port yang dignakan adalah 1812
·         Shared Seret        : Kunci / kode yang dibagikan dan digunakan client secara transparan.
Gambar 3. Komputer yang menggunakan jaringan LAN


Gambar 3. Tower WiFi dengan ketinggian ± 10M
Tower yang dulunya leih tinggi hingga wifi mencapai radius 1km sekatrang diubah menjadi 10M dan dpat mencapai area mencapai radius ± 500M.

Gambar 3. Pro-Link pada tempat kedua (Kelas Exlusive)


Gambar 3. Pro-Link pada tempat kedua di area parkir

Gambar 3. SMPN 8 Blitar (Lokasi Penelitian wifi)
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Setelah melalui penelitian serta analis perluasan jangkauan sinyal pada SLTP N 8 Blitar .maka kami mendapatkan kesimpulan sebagai berikut:
1.   Wifi yang telah diperluas jangkauannya menggunakan antena outdoor telah mampu menghubungkan lebih banyak client.
2.   Wifi dapat memudahkan pengusaha penyedia jaringan untuk melakukan bisnisnya.
3.2 Saran
     Agar pengelolaan jaringan wifi dengan tambahan antena eksternal ini dapat bejalan dengan baik dan lancar maka perlu saran – saran yang kiranya dapat menunjang pengelolaan jaringan wifi ini, antara lain :
1.   Pada peneliti lanjutan dapat menambahkan jangkauan agar lebih mengena dimasyarakat.
2.   Untuk memperoleh hasil yang lebih baik,diharapkan dapat menggunakan alat-alat berspesifikasi lebih baik dan canggih.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar